Berita
Visitasi UNS Eco-friendly School Award (Group 1)

Visitasi UNS Eco-friendly School Award (Group 1)

Sebagai upaya dalam melakukan verifikasi kondisi eksisting UNS Eco-Friendly School Award yang sebelumnya sudah dilakukan penilaian dan pengkategorian peringkat dari data yang sudah di submit, pada Rabu (25/09) Tim Green Campus Universitas Sebelas Maret melakukan visitasi ke SD Islam Terpadu Az Zahra Sragen dan SD Negeri 1 Karangpelem Sragen. Visitasi dilakukan secara menyeluruh terhadap kondisi sarana dan prasaran sekolah sesuai dengan borang yang sudah diisi oleh pihak sekolah.

SDIT Az Zahra Sragen memiliki Standar Kompetensi Lulusan “To Be ACHAMPION” yaitu Akidah lurus, Cinta Alam dan Lingkungan, Hafal dan Paham Arti Al Qur’an, Akhlak Mulia, Mandiri Disiplin dan Bersungguh-sungguh, Pengetahuan Luas, Ibadah Benar, Optimis Skill, Nasionalis dan Patriotik. Kompetensi Cinta Alam dan Lingkungan diwujudkan dalam kegiatan sehari-hari para siswa diantaranya meminimalisasi penggunaan penyejuk ruangan yang dihidupkan setelah istirahat siang, tidak menggunakan tempat makan dan minum sekali pakai, mengambil nasi untuk makan siang secara mandiri agar tidak terbuang bila tidak habis, pencahayaan alami dari jendela kaca, penyediaan tempat sampah organik dan anorganik, dan penggunaan solar cell untuk lampu penerangan jalan. 

SD Negeri 01 Karangpelem Sragen merupakan sekolah dasar yang memiliki semangat kuat dalam kecintaan terhadap lingkungan hidup. Para murid dilatih untuk disiplin dalam menerapkan perilaku berbudaya lingkungan. Kampanye untuk tidak menggunakan plastik, membuang sampah pada tempatnya, menghemat air, dll dilakukan oleh para siswa di Pasar sebagai wujud praktik nyata menerapkan perilaku berbudaya lingkungan. Setiap ruang kelas disini tidak menggunakan penyejuk ruangan dan mendapat pencahayaan alami dari jendela. Para siswa diberi contoh untum memelihara ikan nila dan menanam sayur mayur dengan memanfaatkan lahan yang sempit namun dapat dirasakan manfaatnya untuk lingkungan hidup.