2015 : Setting and Infrastructure

Pertumbuhan bangunan baru tetap memperhatikan keseimbangan antara ketersediaan lahan dengan ruang terbuka hijau sehingga presentase ruang terbuka hijau di UNS bertambah. Pembangunan baru hight rise building (>4 lt) dapat meningkatkan efisiensi penggunaan lahan, meningkatkan luas ruang terbuka dan intensifikasi pemanfaatan bangunan secara integrative. Gedung perpustakaan yang dibangun 8 lantai selain menjadi perpustakaan pusat UNS juga ditujukan untuk menyediakan, ruang-ruang pameran, sarana komersil yang terpadu  dan ruang serbaguna yang dapat dimanfaatkan untuk seluruh prodi di lingkungan UNS bahkan dapat disewa oleh pihak luar.

2015-1

Mahasiswa secara serentak menggunakan tumbler dan tempat makan yang dibawa dari rumah, sehingga mengurangi produksi limbah plastic air mineral dan kertas pembungkus makanan. Efisiensi energy dapat dioptimalkan dengan gerakan mengurangi limbah yang dihasilkan dari berbagai aktivitas seperti ini.

2015-2

Doorloop penghubung antar gedung yang terlindung bertambah sejuk dengan rindangnya pohon di sekitarnya. Pedestrian baik di luar lingkup fakultas maupun antara gedung didalam fakultas dapat meminimalkan penggunaan kendaraan bermotor karena mobilitas antar gedung sudah difasilitasi oleh sarana ini.

2015-3

Bangunan ramah lingkungan ditunjukkan dengan: 1) banyaknya ventilasi dan lubang cahaya, 2) Material kaca untuk jendela meminimalisisr penggunaan lampu ketika digunakan pada siang hari. 3)  disamping ketersediaan tangga darurat sebagai sarana mitigasi bencana disetiap gedung baik di luar maupun di dalam bangunan/gedung.

2015-4

Keberadaan sitting group yang dilengkapi dengan pepohonan yang rindang dan area bebas rokok di dalam lingkungan kampus, mampu menumbuhkan suasana akademik yang sehat dan kondusif serta memberi semangat dan kesegaran berpikir para penggunanya. Open stage yang disediakan dapat lebih mendukung suasana akadmeik dan bermanfaat bagi civitas ketika ada kolaborasi ilmiah dan seni yang memunculkan inovasi dan kreativitas mahasiswa.

2015-5

Ruang semi terbuka yang dimanfaatkan sebagai public space sekaligus untuk ruang kelas out door sangat mendukung kegiatan pembelajaran yang alamiah dan menyegarkan. Selain bebas dari asap rokok, juga diperoleh efisiensi energy baik dari AC maupun lampu. 2015-6

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*