Press Release Lokakarya Nasional UI GreenMetric 2021

UI GreenMetric World University Ranking adalah pemeringkatan universitas tingkat dunia untuk mengimplementasi kegiatan kampus yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.  Pemeringkatan ini telah dirintis dan diinisiasi oleh Universitas Indonesia (UI) pada tahun 2010. Keanggotaan UI GreenMetric mencapai hampir 100 universitas dari 35 negara, sedangkan di Indonesia  terdapat 22 universitas telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric. Pada tahun 2020, sebanyak 912 (sembilan ratus dua belas) universitas dari 81 (delapan puluh satu) negara di seluruh dunia ikut berpartisipasi. Pemeringkatan UI GreenMetric pada bulan Desember 2020 menyebutkan bahwa Universitas Sebelas Maret (UNS) memperoleh peringkat 7 (tujuh) level nasional dan peringkat 99 (sembilan puluh sembilan) level internasional.

UI GreenMetric setiap tahun menyelenggarakan lokakarya dan bekerja sama dengan perguruan tinggi yang ditunjuk secara bergiliran. Pada tahun ini UNS terpilih sebagai tuan rumah kegiatan “Lokakarya Nasional UI GreenMetric 2021”. Tema yang diangkat adalah Universities, UI GreenMetric, and SDGs in the Time of Pandemic.

Tujuan diadakannya lokakarya ini adalah: (1) Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan lingkungan berkelanjutan; (2) Meningkatkan komitmen dan memperluas partisipasi perguruan tinggi dalam pengelolaan kampus hijau; (3) Menambah pengetahuan seluruh partisipan untuk meningkatkan kontribusi Indonesia dalam mencapai SDGs 2030 khususnya dalam masa pandemi Covid-19; (4) Mendorong perubahan nyata untuk bertindak mengatasi tantangan global yang muncul melalui kerjasama secara global  secara berkelanjutan.

Lokakarya ini akan dilaksanakan tanggal 28 – 29 Juli 2021.  Mengingat penyelenggaraan Lokakarya dalam masa pandemi Covid-19, acara tersebut dilaksanakan dengan media aplikasi Zoom dan Youtube Live Streaming. Target peserta pada lokakarya ini antaralain: Universitas/Institut/Politeknik di Indonesia, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Walikota Surakarta, Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten/kota yaitu Surakarta, Sukoharjo, Boyolali, Wonogiri, Sragen, Karanganyar, dan Klaten (Sukosubowonostraten), Pimpinan Satuan Kerja di Lingkungan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Keynote Speaker dalam acara ini adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Narasumber dalam acara ini datang dari Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Padang, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gajah Mada, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Semarang, Universitas Terbuka, Universitas Dinamika, Universitas Katolik Parahyangan, dan Universitas Hasanuddin.

Lokakarya ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen dan memperluas partisipasi perguruan tinggi dalam pengelolaan kampus hijau. Dalam lokakarya ini akan dipresentasikan praktek-praktek keberhasilan (best practise) implementasi dari UI GreenMetric termasuk pelatihan pengisian kuisioner UI GreenMetric. Selain itu akan dibahas mengenai isu pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan di perguruan tinggi.

Scroll to Top