Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

Universitas Sebelas Maret

2016

[K7117156] Neni Dewi Anggraeni


Ragam Tanaman Hias Pencermin Ragam Budaya Indonesia

Ragam tanaman hias pencermin ragam budaya indonesia

Tanaman hias adalah segala tanaman yang ditanam untuk mendapatkan keindahan  yang bisa ditempatkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan  yang mampu menciptakan daya tarik keindahan sehingga jenisnya pun beraneka ragam. Semakin berkembangnya zaman,tanaman hias kini semakin menarik dengan beragam inovasi baik dari segi ilmiah maupun tata artistiknya. Sehingga tak jarang kita jumpai tanaman hias yang berbentuk unik hingga kita dibuat kagum olehnya.
Selain karen keindahannya tanaman hias juga memiliki banyak manfaat dalam sebagian segi kehidupan manusia. Salah satunya adalah tanaman dalam pot bunga. Bagi sebagian besar pecinta flora mungkin memelihara tanaman dalam pot lebih diutamkan karena kemudahan serta nilai keindahan dari pot itu sendiri semakin mempercantik tanaman saat dipandang.
Selain menjadi penyegar suasana, kehadiran bunga pot dalam ruangan juga berdampak positif pada kesehatan manusia. Afa memaparkan suatu hasil penelitian NASA (National Aeronautics Space Administration = badan antariksa AS) mengenai tanaman yang menimbulkan ide bagi Englandís Flower and Plants Association untuk mengembangkannya lebih lanjut.Asosiasi bunga dan tanaman di Inggris itu mengadakan penelitian untuk mengetahui lebih jauh fungsi tanaman pot di dalam ruangan. Caranya, dengan memasukkan beberapa tanaman dalam tabung yang rapat dan diberi polutan berupa bahan kimia beracun.Majalah Floriculture edisi Januari 1996 menyebutkan bahwa beberapa tanaman bunga dalam pot, yaitu krisan dan spatifilum, dapat menyerap trikloroetilen dan benzena. Kemampuan kedua jenis bunga pot itu untuk menyerap trikloroetilen masing-masing 41% dan 50%, sedangkan untuk benzenanya sebesar 41% dan 80%.
Manfaat lain dari tanaman dalam pot yaitu :

Mengurangi debu
Manfaat tanaman hias dalam ruangan dapat meningkatkan tingkat kelembaban dalam ruangan dan mengurangi debu. Kadar kelembaban yang meningkat dan debu yang berkurang juga mampu menekan kemungkinan terserang penyakit akibat udara dingin hingga 30%.
Menghilangkan kantuk
Karbon dioksida berlebih dalam ruangan dapat membuat Anda cepat lelah dan mudah mengantuk. Selama proses fotosintesis, tanaman menyerap karbon dioksida dalam ruangan dan melepaskan oksigen, sehingga kadar oksigen dalam ruangan lebih banyak.
Menghilangkan stress
Setiap warna memiliki efek berbeda secara psikis. Melihat benda-benda berwarna hijau seperti tanaman, dapat membuat pikiran lebih segar dan bebas stress.
Meredakan hidung mampet
Beberapa jenis tanaman, seperti eucalyptus, dapat menghilangkan dahak dan meredakan sistem pernapasan. Jalur tenggororokan pun menjadi bebas hambatan dan meredakan hidung mampet saat Anda diserang flu. Tanaman juga berkhasiat sebagai antiseptik alami. Hisap aroma daun eucalyptus (jangan dimakan!), dan Anda akan terbebas dari hidung mampet.
Melembabkan kulit
Tanaman menjadi filter alami bagi udara dan dapat meningkatkan kelembaban udara dalam ruangan, sekalipun Anda tinggal di lingkungan dengan iklim yang kering. Hal ini baik untuk menjaga kondisi kulit agar tidak kering.

Nah, setelah kita mengetahui beribu manfaat dari tanaman hias marilah kita budayakan untuk menanam bunga di lingkungan kita agar kita mendapatkan beragam manfaat tersebut.