Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

Universitas Sebelas Maret

2016

[K7117083] Frizky Rahmadhani


cinta lingkungan wujud cinta pada Indonesia

Kata go green pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Arti dari kata go green itu sendiri adalah penghijauan dalam arti sempit, atau pengembalian keadaan bumi yang sudah rusak dalam arti luas. Go green penting dilakukan karena dalam prakteknya kita diajak untuk memperbaiki keadaan lingkungan dan mengembalikan elemen alam yang rusak. Elemen-elemen alam yang rusak itu sangat mempengaruhi kehidupan kita, sehingga memang sudah seharusnya bagi kita merawat dan menjaga elemen-elemen itu. Kegiatan go green sudah dilakukan dibanyak tempat dan di berbagai level masyarkat. Dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, berlomba-lomba untuk menjadikan kawasan sekolah dan universitasnya menjadi kawasan hijau. Begitu pula dengan Universitas Sebelas Maret, yang mendapat julukan green campus atau kampus hijau karena lingkungan universitasnya yang memiliki rimbun pepohonan. Green campus pada dasarnya bertujuan untuk mengembangkan nilai go green pada kegiatan di universitas, meningkatkan kepedulian masyarakat kampus terhadap lingkungan dan berpartisipasi untuk mencegah global warming.

Di Universitas Sebelas Maret, mahasiswa diberikan peluang untuk berpartisipasi dalam kegiatan go green ini. UNS yang merupakan green campus atau kampus hijau menggalakan kegiatan  go green selama kegiatan Program Kenal Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diharapkan akan terus berlanjut meskipun kegiatan PKKMB sudah selesai. Pada kampus wilayah ( VI ) UNS yang berada di kabupaten kebumen program Go Green di adakan dengan cara berkelompok. Setiap kelompok diberikan pilihan untuk memilih konsep yang cocok untuk melakukan kegiatan go green . Konsep tersebut diantaranya :
1.Vertical Garden
2.Taman Bunga
3.Pagar Tanaman Hias
4.Tamanan Rambat
5.Pot Bunga
6.Hidroponik
Diharapkan konsep - konsep tersebut dapat memudahkan para partisipan untuk melaksanakan kegiatan Go Green campus ini. 

Untuk menjadikan UNS sebagai green campus yang lebih baik lagi, tentu banyak cara mudah yang dapat dilakukan, banyak daerah yang dapat ditanami pepohonan. Setiap mahasiswa paling tidak menanam satu pohon di lingkungan yang belum terdapat banyak tanaman. Selain itu kita juga dapat merawat kebersihan lingkungan campus minimal dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. kita perlu menambah jumlah tempat sampah di wilayah UNS khusunya kampus wilayah (VI) UNS Kebumen. Tidak jarang, orang malas membuang sampah pada tempatnya karena lokasi tempat sampah terlalu jauh dan sulit ditemukan. Pembentukan Bank Sampah juga akan mendukung proses go green ini. Adanya bank sampah di UNS akan membantu pengolahan sampah. Dengan jumlah mahasiswa yang banyak, tentu banyak sampah yang perlu diolah dan dapat dijadikan barang bernilai guna.

Maka dari itu, kita harus menyadari bahwa semakin sedikit jumlah pohon yang ada maka semakin banyak polusi di udara kita, dan keadaan di wilayah sekitar kita pun menjadi tidak nyaman. Proses go green ini akan membawa manfaat bagi kita semua agar bisa menghirup udara segar dan berkurangnya polusi. Kita juga sebaiknya meningkatkan kepedulian kita akan lingkungan karena apa yang kita perbuat sekarang tentu akan mempengaruh masa depan. Jika kita terus mengabaikan kerusakan lingkungan yang ada, bisa jadi di masa depan tidak akan ada lagi cara untuk mengembalikan keasriannya. Ayo kita lakukan go green campus UNS. Go save Go Green.