Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

Universitas Sebelas Maret

2016

[K5417048] Muhammad Ikhsan


Taman Green Campus

ARTIKEL GREEN CAMPUS

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI

TAHUN AJARAN 2017

KELOMPOK GNETUM GNEMON

 

DAFTAR ANGGOTA KELOMPOK :

1.      KETUA KELOMPOK : RIGITA FEBRIANA MARLISANTY

2.      DWI ILHAM AKMALUL MINAN

3.      EGA PRAFITIASARI

4.      EMA WULANDARI

5.      ENISA FITRI

6.      EVA NUR ROHMAH

7.      MOCHAMMAD DENDY ARIANTO

8.      MUHAMMAD ANWAR NURUDDIN

9.      MUHAMMAD IKHSAN

10.  MOCHAMMAD FATWA AMIN

11.  MUHAMMAD ZAKI ZAMANI

12.  RASTANIA EKA WARDANI

13.  RATIH FAJARANI JANUARIKA

14.  REVITA NATALI KURNIAWAN

15.  RIDILLA FALESTINA HARTADI

16.  KHOMSAH NUR FIRDAUSI

17.  LISTIANA EMAWATI

18.  M. ALFI ZAHAMSYAH

19.  MARIA REGINA NOVANY

20.  MASITHA JANATI

21.  MEGA RISIFASARI

22.  MITA AYU NURKHASANAH

23.  RINO AGUNG FATOMIE

24.  RIZKI NUR ASHARI

25.  RYAN ZULKHI YUDONO


 

Taman Bunga Green Campus


Green Campus, adalah sebuah program yang dicanangkan oleh Universitas Sebelas Maret dalam rangka pelestarian lingkungan di sekitar kampus. Adapun salah satu kegiatannya adalah menanam pohon dan membuat taman.

Supaya kegiatan tersebut terlaksana dengan baik, maka mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret, khususnya dari Pendidikan Geografi di bagi menjadi 3 kelompok. Dan salah satu kelompoknya adalah Gnetum Gnemon. Kelompok Gnetum Gnemon mulai membuat tamannya pada tanggal 27 Agustus 2017, sesuai dengan jadwal kegiatan Green Campus Universitas Sebelas Maret yang memang diadakan pada hari itu.

Kegiatan dimulai pada pukul 8 pagi, yang diawali dengan mempersiapkan bahan-bahan yang akan di gunakan. Bahan-bahan tersebut diantaranya ban bekas, pot bunga, batu kerikil, cat warna, tidak lupa tanaman dan bunga beserta tanah humus. Kemudian tiap-tiap individu dalam kelompok mendapat tugasnya masing-masing. Salah satunya tugasnya adalah mengecat ban bekas dan batu kerikil, membuat desain bentuk taman, dan memasukkan tanaman ke dalam pot bunga.

Desain taman yang dibuat oleh kelompok Gnetum Gnemon terinspirasi dari sebuah film animasi anak-anak di televisi. Hal itu dapat dilihat dari bentuk dan tampilan taman, dimana taman tersebut diberi hiasan dan warna yang bervariasi. Ban bekas yang telah disiapkan dicat dengan warna yang bervariasi, kemudian disusun dengan rapi. Setelah disusun, dibagian tengah ban diisi dengan pot bunga beserta tanamannya.

Pada bagian pinggir taman, 4 buah ban bekas yang telah di cat dan diisi dengan pot berisi bunga disusun dengan rapi di setiap sudut taman. Kemudian di bagian kosong pada ban, diisi dengan batu kerikil berwarna-warni untuk menambah kesan cantik nan indah. Diseluruh bagian taman yang masih kosong, diisi dengan paving yang tidak terpakai. Lalu terdapat 3 buah tanaman pucuk merah yang diletakkan diantara 4 buah ban yang telah di susun. Dan yang terakhir, pada bagian tengah taman di beri sebuah ban yang telah diisi dengan sebuah tanaman berdaun tiga warna.

Taman akhirnya selesai sekitar pukul 12 siang. Meskipun lelah dan harus mengorbankan banyak waktu, namun pengorbanan tersebut sebanding dengan hasilnya yang cantik nan indah dalam kesederhanaannya. Taman itupun akan terus dirawat oleh kelompok Gnetum Gnemon sebagai jerih payah dan tanda cintanya terhadap lingkungan.