Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

Universitas Sebelas Maret

2016

[K3317070] Tiwi Srilingi


Pagar Tanaman Hias wujudkan GC UNS

Pemanasan global  sebuah hal yang sudah tak lagi asing bagi kita. Peristiwa ini sendiri sudah terjadi hampir disetiap negara. Pemandan global itu sendiri dapat menyebabkan terjadinya perubahan siklus musim yang menjadi sangat susah untuk diprediksi. Fakta yang sangat nyata dari adanya pemanasan global pada saat ini adalah dengan ditandai oleh adanya musim  kemarau yang berkepanjangan dan mengakibatkan terjadinya kekeringan dimana mana atau terjadinya keadaan yang sebaliknya yaitu adanya curah hujan yang sangat tinggi sehingga mengakibatkan terjadinya banjir. Sebuah aksi nyata yang sebetulnya bisa digunakan untuk mencegah suatu keadaan agar tidak semakin memburuk karena adanya pemanasan global yaitu dengan adanya pemeliharaan dan penjagaan lingkungan alam pada saat ini. Berbagai jenis konsep pemeliharaan terhadap lingkungan sebetulnya telah dibentuk oleh salah satu badan organisasi internasional serta oleh para komunitas dari dalam negeri. Aksi nyata tersebut yang bisa untuk kita  lakukan pada saat ini adalah dengan dilakukannya tindakan penghijauan pada lingkungan. UNS sendiri, merupakan satu dari berbagai perguruan tinggi di indonesia yang menjadikan kampus hijau dan peduli terhadap lingkungan.

Salah satu aksi nyata yang dilakukan UNS untuk memelihara lingkungan tetap hijau yaitu aksi go green. Go green sendiri merupakan suatu yang dilakukan untuk menyelamatkan bumi yang mengalami kerusakan dan pemanasa global, akibat turunnya kesadaran manusia. Aksi go green di UNS dilakukan oleh semua pihak yang ada di dalamnya, salah satu wujud nyatanya nyaitu mewujudkan setiap mahasiswanya untuk menanam 5 pohon, selama masa perkuliahan yang di kenal one student five trees. Di sisi lain untuk meningkatkan antusiame mahasiswa, pihak kampus juga memberikan penghargaan melalui lomba aksi green kampus per fakultas, sayangnya berbagai kegiatan tersebut belum mampu menyadarkan para mahasiswa hal tersebut terbukti dari masih banyaknya mahasiswa yang membuang sampah sembarangan, dan bersikap tidak peduli terhadap linbgkungan sekitarnya.

Sebagai mahasiswa UNS kami juga ikut berpartisipasi untuk menyukseskan kegiatan green kampus tersebut. Kami yang  tergambung dalam kelompok Rheo Discolorpun mengikuti perlombaan dalam kegiatan go green dengan tema “Pagar Tanaman Hias”. Keikutsertaan kami dalam lomba ini, juga menunjukan bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan kampus. Dengan tujuan untuk senantiasa bisa meningkatkan kekompakan kami selaku mahasiswa baru, juga yang lebih penting adalah membuat lingkungan kampus lebih hijau dan sejuk. Sehingga menunjang kenyamanan belajar mengajar nantinya. Dan semoga aksi yang kampus kita lakukan bisa menginspirasi kampus-kampus lain, untuk senantiasa berlomba-lomba dalam penghiajuan kampus. Sehingga hal ini membuat indonesia kaya akan oksigen dan hal tersebut mampu mengurangi polusi, tak hanya itu indonesia juga bisa membantu meminimalisir pemanasan global yang ada.

Harapan kedepannya, semoga aksi green kampus ini bukan hanya sekedar menjadi tugas wajib mahasiswa baru. Tapi juga menjadi tugas seluruh warga kampus UNS. Untuk senantiasa menciptkan keadaan kampus yang bersih, nyaman, dan hijau. Kesadaran inilah yang penting untuk selalu dibangun. Sebab terciptanya keadaan kampus yang nyaman, tak bisa hanya dilakukan oleh satu dua kelompok saja, tapi memerlukan konstribusi dari semua warga kampus. Dan kegitan go green ini adalah langkah awal kita sebagai mahasiswa baru untuk bisa berkonstribusi. Tak hanya menanam, tapi kami juga mempunyai kewajiban untuk terus merwatnya. Tak hanya menjadi mahasiswa yang peduli pada pendidikan tapi juga peduli pada lingkungannya.