Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

Universitas Sebelas Maret

2016

[K3317052] Nanda Putri Pertiwi


Tamanbunga_FKIP_Hibiscus_Pendidikankimia

Taman Bunga Hibiscus FKIP
Masalah kebersihan menjadi tanggung jawab bagi semua orang termasuk didalamnya adalah civitas akademika. Sebagai akademika, haruslah mempunyai pemikiran panjang tentang lingkungan sekitar karena kualitas lingkungan yang baik akan menopang kehidupan yang baik. Hal yang terjadi di lingkungan kampus bagi mahasiswa adalah mengotori lingkungan dengan membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu dibutuhkan aksi nyata untuk memperbaiki lingkungan seperti diadakannya gerakan go green atau penghijauan kampus.
Universitas Sebelas Maret adalah salah satu campus go green yang setiap tahunnya mengadakan go green dan diikuti seluruh mahasiswa baru. Tiap fakultas mengadakan kegiatan ini, terutama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Setiap prodi dibagi dalam 3 kelompok, dan melakukan kegiatan go green sesuai dengan konsep yang telah ditentukan masing-masing kelompok. 
Taman bunga adalah salah satu konsep penghijauan kampus yang mengubah tanah tidak terurus menjadi tempat yang indah dengan cara menanam bunga atau tanaman di tanah tersebut, namun tidak hanya menanam, haruslah dibutuhkan perawatan sehingga taman bunga tidak mati. Ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk merawat taman bunga, sebagai berikut :
Cukup Cahaya Matahari Dan Udara
Tanaman bunga yang ditanam di pekarangan rumah atau di halaman, sudah cukup menerima sinar matahari dan udara, tetapi itu hanya untuk jenis tanaman tertentu yang dimana memerlukan cukup cahaya matahari dan udara. Sedangkan tanaman bunga yang ditanam dalam pot yang diletakkan dalam ruangan, baiknya sesekali dikeluarkan untuk mendapatkan cukup sinar matahari dan udara, jika tidak maka tanaman bunga tersebut tidak akan menghasilkan bunga dan buah walau memiliki daun-daun yang segar.
Proses Penyiraman
Tanaman perlu cukup penyiraman air dengan cara disemprot mulai dari daun sampai menyerap ke akar, lakukan pada pagi hari atau sore hari. Untuk tanaman yang berada dalam pot dan di dalam ruangan, perlu penyemprotan agar tanaman nampak segar, tetapi jangan terlalu keseringan karena tanaman yang di dalam ruangan tidak membutuhkan banyak air karena penguapannya sedikit.
Proses Pemupukan
Agar tanaman bunga subur dan menghasilkan bunga, daun dan buah yang sehat dan segar, diperlukan pemupukan dengan cara penyemprotan pada daun sehingga dapat meresap sampai ke akar. Proses pemupukan usahakan jangan melalui tanah atau di dalam pot karena sulit di serap oleh akar tanaman dan hanya mengendap bersama air di dalam pot. Pemberian pupuk harus berdasarkan dosis yang telah di tentukan dalam kemasan pupuk.


Proses Pemangkasan
Untuk membentuk tanaman bunga Anda tertata secara teratur dan mempercantik tampilan tanaman bunga, bisa melakukan pemangkasan, sehingga cabang-cabang tanaman bunga beraturan. Hal ini dilakukan untuk menghindari tanaman bunga dari serangan hama, jamur dan penyakit dan memicu timbulnya bunga-bunga baru yang indah.
Proses Pergantian Pot
Tanaman bunga yang ditanam dalam pot perlu adanya pergantian pot, jika tidak bisa menghambat pertumbuhan tanaman bunga, karena tanaman bunga bisa saja tidak muat dalam pot dimana tanaman bunga bertambah besar, lakukan proses ini setiap 3-4 bulan sekali. insektisida.
Dalam perawatan tanaman bunga,perlu memperhatikan penempatan lokasi, suhu dan kelembabannya, karena ada beberapa jenis tanaman bunga yang memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, jadi perlu diperhatikan dalam merawatnya setiap hari. Dalam proses tersebut diatas harus tetap bersih agar tidak mengundang kutu daun, ulat, jamur, lalat putih dan trips. Jika hal ini sudah terjadi lebih baik cepat menindaklanjutinya dengan cara menyemprotnya dengan bahan khusus untuk hama tanaman bunga atau bisa mengatasinya dengan membersihkannya dengan air hangat. Hama ini sering menyerang daun pada tanaman bunga. Dengan perhatian yang khusus terhadap perawatan tanaman bunga, akan membuat tanaman semakin hari sehat dan indah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang memiliki hobi pencinta berbagai jenis tanaman bunga. 

Kelompok Hibiscus_P. Kimia17
Ketua kelompok : Ilham Maulana Sulaeman
Anggota kelompok :

-Evi Mia S
-Fauzia Khairunnisa
-Febi Nur Aini W
-Fitria Nur Aini
-Fitri Nufikasari
-Hafidz Habibulloh
-Halida Anwar A.F.
-Hanimah
-Helda Viniasari
-Hidayat Fauzi
-Isnani Imroatun Nabila
-Kiki Tri Yuliasari
-Kisti Makrifatul H
-Kurnia Sari
-Lathifah Ramadani
-Luthfiana Miftahul J
-M Ivan Fadhillah
-Martha Andriyanti
-Maulidina Nurdwiningrum
-Mega Candra Dewi
-Melati Muliatul H
-Muthia Qonita K.T.
-Nanda Putri P
-Nisrina Hasna Naura