Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

Universitas Sebelas Maret

2016

[K2517020] David Adiyaksa Aquinaldo


AKSI NYATA GREEN CAMPUSS PKKMB 2017 “Aksi 1000 Bunga Ciptakan FKIP Ramah Lingkungan” Kelompok 2 Green Campuss “Cananga Odorata”

Pengertian  Program Green Campuss (Kampus Hijau) dalam konteks pelestarian bukan hanya bertujuan dengan cara memenuhi lingkungan dengan pepohonan yang hijau atau kampus yang di penuhi warna hijau, akan tetapi makna yang sebenarnya ialah bagaimana warga kampus dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di lingkungan kampus secara efektif dan efisien, misalnya dalam penggunaan listrik, air, lahan dan pengolahan sampah.
Green Campuss (Kampus Hijau) didefinisikan sebagai kampus yang telah peduli dan berbudaya lingkungan dan dapat mengolahya secara sistematis. Kegiatan ini juga melibatkan seluruh aktivitas akademik yang berada di lingkup kampus untuk selalu memperhatikan aspek kesehatan dan keindahan lingkungan disekitarnya. Dan diharapkan ke depannya konsep Green Campuss (Kampus Hijau) ini dapat dijalankan oleh seluruh kampus di Indonesia.
Universitas Sebelas Maret (UNS) merupakan salah kampus yang telah melakukan Program Green Campuss. Agar dapat mewujudkannya UNS juga mewajibkan setiap mahasiswa menaman tiga atau lebih pohon selama perkuliahan.




Namun, kesadaran yang kurang dari setiap anggota membuat Program Green Campuss ini tidak mudah untuk terlaksana. Seperti contohnya masih banyak sampah yang berceceran dimana – mana, penggunaan air yang seringkali tidak di perhatikan, dan masih banyak hal lainnya. Walaupun sudah menghimbau dengan menggunakan poster atau himbauan namun hal itu selalu disepelekan dan menganggap itu sebagai hal yang sia – sia.
Maka dapat disimpulkan bahwa pentingnya kesadaran dari setiap anggota sangatlah mempengaruhi keadaan lingkungan kampus dimasa depan.

Identitas Kelompok
FKIP_KELOMPOK 2_CANANGA ODORATA_ARTIKEL GREEN CAMPUSS