Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

Universitas Sebelas Maret

2016

[I0117101] Octavia Nurul `azizah


Lingkungan ASRI dengan PEDULI

 

Lingkungan ASRI dengan PEDULI

          Masalah lingkungan adalah masalah bersama yang membutuhkan kerjasama semua elemen masyarakat. Masalah lingkungan tidak dapat dianggap remeh mengingat semua makhluk hidup merupakan bagian dari lingkungan. Keseimbangan lingkungan sangat diperlukan guna terciptanya lingkungan yang sesuai untuk kelangsungan hidup. Namun, diera globalisasi modern ini kesadaran masyarakat mengenai kepedulian terhadap lingkungan begitu rendah. Seringkali masyarakat mengabaikan hal-hal kecil yang lambat laun dapat merusak lingkungan seperti membuang sampah sembarangan, membakar sampah yang mengakibatkan polusi, pembuangan limbah tanpa melakukan daur ulang, dan lain sebagianya.

          Oleh karena itu, sebagai calon penerus bangsa, pemikiran kedepan tentang masalah lingkungan sangat dinanti oleh masyarakat karena tentunya seluruh kalangan masyarakat harus berpartisipasi menangani masalah lingkungan, tak terkecuali mahasiswa. Salah satunya adalah mahasiswa baru UNS yang melaksanakan program cinta lingkungan saat kegiatan PKKMB UNS 2017, dimana kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Green Campus UNS 2017. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga UNS dalam upaya peduli lingkungan dengan beberapa aktivitas antara lain pemungutan sampah-sampah anorganik, kreasi tanaman, dan penataan taman. Selain untuk membangun kepedulian warga UNS terhadap lingkungan, program ini bertujuan untuk menata lingkungan kampus UNS agar lebih menunjukan budaya ramah lingkungan sehingga layak dijadikan teladan bagi masyarakat luas.

          Dari uraian singkat diatas, kita sebagai generasi penerus bangsa tentunya diharapkan memiliki sikap budaya ramah lingkungan,  menjaga , dan merawat lingkungan dengan sebaik mungkin. Jangan hanya menjadikan lingkungan sebagai pijakan dan pandangan karena sama halnya dengan manusia lingkungan juga membutuhkan kasih sayang dan perhatian agar tetap terjaga keasriannya.

          Demikian sedikit ulasan yang di tuliskan oleh kelompok 6 dari fakultas teknik, dengan harapan dapat memberi sedikit manfaat untuk UNS yang lebih berbudaya. RAMAH LINGKUNGANKU BERBUDAYA UNS-KU !