Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

Universitas Sebelas Maret

2016

[M0316011] Armyani Wahyu Nur S


GREEN CAMPUS TIDAK HANYA PENANGANAN MASALAH GLOBAL WARMING TAPI JUGA PENUNJANG KENYAMANAN DALAM KAMPUS SENDIRI

GREEN CAMPUS TIDAK HANYA PENANGANAN MASALAH GLOBAL WARMING TAPI JUGA PENUNJANG KENYAMANAN DALAM KAMPUS SENDIRI

Green campus merupakan sebuah sistem dalam pendidikan ,penelitian ,pengabdian masyarakat dan lokasi yang ramah lingkungan serta melibatkan warga kampus dalam aktifitas lingkungan serta harus berdampak positif bagi lingkungan,ekonomi,dan sosial.dari hal ini kita juga tahu bahwa hal yang kita harus garis bawahi saat ini adalah masalah Global Warming.
Global Warming merupakan perisistiwa meningkatnya suhu rata-rata pada lapisan atmosfer dan permukaan bumi.Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan para ilmuwan dunia,pada saat ini suhu permukaan bumi telah menunjukkan peningkatan yang sangat drastis yaitu sekitar 0,6° yang terjadi dalam satu abad terakhir ini.
Selain itu dampak dari Global Warming ini sendiri antara lain, Perubahan Iklim yang mana akan menyebabkan daerah yang sebelumnya dilanda salju kemungkinan tidak akan pernah dilanda salju dan mengalami musim panas yang berkepanjangan,dan untuk daerah yang tidak dilanda salju akan dilanda salju dan mengurangi musim panas. Peningkatan Permukaan Air Laut dimana saat atmosfer juga menghangat,lapisan permukaan air laut juga akan menghangat sehingga volumenya akan membesar dan menaikkan tinggi permukaan laut dikarenakan banyaknya es yang mencair sehingga menaikkan volume dari permukaan air laut.Suhu Global Cenderung Naik yang bisa mengakibatkan kekeringan massal di banyak tempat yang bisa menyebabkan krisis air dan makanan.Gangguan Ekologis dimana hewan dan tumbuhan mengalami dampak langsung dari global warming itu sendiri yang mengancam kehidupan dari tumbuhan dan hewan.Bermuncullannya berbagai macam penyakit baru yang terjadi akibat dari suhu cuaca yang tinggi.
Global warming sendiri dapat disebabkan oleh efek rumah kaca,efek umpan balik,dan variasi matahari. Selain itu banyak juga hal-hal yang berhubungan dengan global warming di sekitar kita, terutama di tempat kita menimba ilmu ini yaitu UNS. Dimana kita temukan banyak sekali hal yang mendukung terjadinya global warming.
Penggunaan kendaraan bermotor yang berlebih di Universitas Sebelas Maret ini sendiri juga menjadi penyebab global warming, memang penggunaan kendaraan bermotor bertujuan untuk menghemat waktu perjalanan namun penggunaan seperti bus kampus,motor,maupun mobil di Universitas Sebelas Maret malah menghasilkan gas Carbon yang terlampau banyak hampir satu kota Solo perhari yang bisa dihasilkan dari pembakaran ini.
         Pembuangan sampah yang yang tidak sesuai pada tempatnya sering terjadi di UNS. Dimana terkadang sampah organik di buang pada tempat sampah anorganik dan sampah anorganik dibuang di tempat sampah organik, dan yang paling parahnya adalah sampah langsung di buang di sembarang tempat. Hal ini bukan berarti tanpa alasan mengingat di UNS sendiri belum adanya tempat sampah yang memadai untuk membuang sampah-sampah tersebut diamana terkadang ada tempat sampah tapi rusak dan berbagai kendala lainnya seperti masih kurangnya jumlah tempat sampah yang ada di UNS, sehingga para mahasiswa bingung untuk membuang sampahnya itu dimana 
           Selain itu adanya penggunaan listrik yang sangat besar yang dilakukan oleh Universitas ini dimana di setiap travo tiang listrik sudah mengalami kerusakan, di karenakan penggunaan listrik yang melebihi batasannya.Hal ini juga harus menjadi pembenahan dari Pihak Kampus Sendiri. Karena itu jika kita terus boros listrik maka yang rugi yaitu kita sendiri. Jadi kita harus hat listrik, bukan hanya pegawai universitas saja yang harus hemat listrik kita sebagai mahasiswa juga harus menghemat listrik. 
           Penggunaan air secara berlebihan juga berdampak buruk bagi kampus kita atau bahkan diri kita sendiri. Jika kita menggunakan air tersebut secara berlebihan bisa jadi air tersebut habis dan kita akan mengalami kekurangan air dikarenakan habisnya air pada Sumber mata air. 
            Dan dalam masalah green kampus tidak hanya masalah global warming saja tetapi juga penunjang kenyaman dalam kampus kita. Salah satu penunjang kenyamanan dalam kampus kita adalah Taman yang berada di setiap fakultas. Taman yang ada di setiap fakultas harus kita rawat dan jaga kebersihannya. Karena jika Taman itu bersih maka kita akan nyaman berada di Taman itu. Tidak hanya bersih saja yang paling penting adalah banyaknya pohon pohonan di Taman.  Karena jika banyak pohon pohonan di taman maka akan menghindari orang yang berada di Taman tersebut dari panas matahari Secara langsung. 
           Jadi untuk menjadi kampus hijau (green kampus) tidak hanya penanganan masalah global warming saja yang diperhatikan, yaitu masalah penunjangan fasilitas yang berhubungan dengan green kampus juga harus lebih diperhatikan. Karena jika fasilitas yang menunjang green kampus tidak diperhatikan maka seseorang akan malas atau merasa tidak nyaman bahkan tidak setuju jika kampusnya dijadikan sebagai green kampus. Dan untuk menjadi green kampus harus sediakan fasilitas yang memadai, harus menghemat Sumber daya yang ada dan harus mematuhi aturan yang ada. 
Kelompok 29 
Fakultas : MIPA
Prodi.     : Kimia
1 .Armyani Wahyu Nur safitri (M0316011)
2. Ayu Dwi Priyanti (M0316012)
3. Bagaskoro Pranata A (M0316013)
4. Bram Triadmojo (M0316014)
5. Bunga Saly Okta M (M0316015)

           


Menampilkan Video Green Campus UNS

Menampilkan Sticker/ Poster Green Campus UNS