Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

Universitas Sebelas Maret

2016

[H0916026] Diana Octaviani


MEWUJUDKAN UNS GREEN CAMPUS

MEWUJUDKAN UNS GREEN CAMPUS 

 

            Apa itu Green Campus? Green Campus berarti Kampus Hijau, atau perlakuan go green terhapat kampus yaitu salah satu program pelestarian lingkungan yang bertujuan membuat kampus sehat, nyaman, hijau, dan bebas dari polusi. Dalam program ini diharapkan bagi seluruh mahasiswa atau pun dosen dapat memanfaatkan sumber daya alam secara efektif dan efisien, seperti penghematan pemakaian air, mengurangi pemakaian kertas, pengelolaan limbah, penggunaan transportasi seperti mobil dan motor, dan lain-lain.

            Sudah ada beberapa universitas yang memiliki program Green Campus, salah satunya yaitu Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Program ini diadakan untuk ikut melestarikan alam dengan cara melakukan program penghijauan di kampus sendiri, juga ikut mencegah global warming. Bahkan salah satu syarat pengambilan ijazah untuk alumni UNS ini yaitu dengan wajib menanam sebanyak 5 pohon. Banyak sekali hal-hal kecil maupun besar yang dapat dilakukan untuk mewujudkan program Green Campus, diantaranya yaitu:

1.    Hemat dalam pemakaian air, listrik, dan kertas

2. Tidak menggunakan kendaraan bermotor, karena dapat menyebabkan polusi udara. Kabarnya di UNS nanti akan disediakan sepeda sebanyak ±200 buah agar bisa dipinjamkan, sehingga mengurangi kendaraan bermotor yang masuk ke kampus.

3. Mengurangi pemakaian AC (air conditioner) di ruang kelas, kita tahu kebanyakan AC menggunakan freon atau CFC, yang diketahui bisa menyebabkan penipisan lapisan ozon. Maka jangan bangga apabila sekolah kita menggunakan ac di semua ruang kelasnya.

4. Membuang sampah pada tempatnya dan disesuaikan sampah organik dan non organik. Di fakultas pertanian UNS sudah ada tempat untuk mengolah sampah menjadi pupuk kompos, hal ini sangat membantu dalam pengolahan sampah menjadi sesuatu yang berguna.

5. Dibiasakan membawa tempat minum sendiri, untuk mengurangi sampah botol air plastik. Beberapa jenis plastik membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk terurai, maka sangat dianjurkan untuk membawa tempat minum sendiri sehingga bisa diisi ulang.

            Masih banyak kegiatan-kegiatan yang dapat ikut mewujudkan program green campus ini, sebelum memberi tahu orang lain alangkah lebih baik jika dimulai dari diri-sendiri dan  membiasakannya. Karena kita ini hidup di planet bumi yang kita sendirilah yang harus merawat bumi ini jangan sampai rusak. Green Campus ini termasuk contoh dari go green, yang dapat kita terapkan dimana saja, di rumah, tempat bekerja, maupun tempat umum. Mari kita buat bumi ini hijau kembali!

 

TUGAS KELOMPOK 6 (S1 ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN, FAKULTAS PERTANIAN, TH 2016)

1.    DIANA OCTAVIANI                              H0916026

2.    DINDA ANGGIE A.                              H0916027

3.    DWI KURNIA R.P                                  H0916028

4.    DYAH AYUNINGTYAS                          H0916029

5.    FADHILA PERTIWI                                H0916030

Menampilkan Video Green Campus UNS

Menampilkan Sticker/ Poster Green Campus UNS