Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

Universitas Sebelas Maret

2016

[H0916003] Anastasia Silviana Lestari


Green Campus

Program Kampus Hijau (Green Campus) memiliki arti yang luas seperti harapan agar lingkungan kampus menjadi tempat yang nyaman, bersih, teduh, indah dan sehat. Pengertian Kampus Hijau (Green Campus) dalam konteks pelestarian lingkungan bukan hanya lingkungan kampus yang dipenuhi dengan pepohonan yang hijau ataupun kampus yang dipenuhi oleh cat hijau, bukan pula karena kebetulan jaket Almamater berwarna hijau, namun jauh dari itu makna yang terkandung dalam Kampus Hijau (Green Campus) adalah bagaimana warga kampus dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di lingkungan kampus secara efektif dan efesien misalnya dalam penggunaan listrik, air, lahan, dan pengelolaan sampah. Kampus Hijau (Green Campus) didefinisikan sebagai kampus yang telah peduli dan berbudaya lingkungan dan telah melakukan pengelolaan lingkungan secara sistematis. Kegiatan Green Campus ini meliputi keterlibatan seluruh aktivitas akademik yang berada dalam lingkungan kampus agar selalu memperhatikan aspek kesehatan dan lingkungan di sekitarnya. Dengan harapan ke depannya konsep Green Campus ini dapat dijalankan oleh seluruh kampus di Indonesia.

 

Universitas Sebelas Maret Surakarta atau yang kerap di sebut UNS merupakan salah satu kampus yang telah melaksanakan program Green Campus. Salah satu prinsip go green yang dilakukan UNS adalah menanam 5.000 pohon di sekitar lokasi kampus dan menjadikan satu hektare dari luas wilayahnya sebagai ruang terbuka hijau. Tidak hanya sampai di situ, wujud nyata lain yang dilakukan UNS demi mewujudkan terciptanya Green Campus adalah dengan mewajibkan setiap mahasiwanya menanam lima pohon selama masa perkuliahan. Gerakan ini sering disebut sebagai "One student Five Trees"

Namun, sayangnya kesadaraan yang kurang dari setiap anggota kampus membuat program Green Campus tidak dengan mudah terlaksana. Contoh kecilnya saja masih banyak yang membuang sampah sembarangan, seperti di dekat pohon atau di selokan. Tentu ini akan sangat mengurangi esensi dari Green Campus itu sendiri. Ditambah lagi penggunaan air yang seringkali tidak diperhatikan, padahal masih banyak teman kita di luar sana yang kekurangan air bersih. Memang tidak mudah menciptakan kesadaran untuk mencintai lingkungan sekitar. Walau sudah banyak poster atau himbauan yang dipasang agar membuang sampah pada tempatnya dan menggunakan air seperlunya. Tapi, nyatanya hal tersebut belum cukup untuk menyadarkan kita semua betapa pentingnya menumbuhkan sikap cinta lingkungan.

Maka dari itulah ada beberapa solusi untuk memberikan kesadaran lebih kepada seluruh civitas kampus supaya dapat lebih lagi mencintai lingkungan. Yang pertama dengan cara menambah jumlah tempat sampah di sepanjang jalan kampus, karena kami amati jumlah tempat sampah di sekitar jalan kampus sangat kurang. Kemudian dapat juga memberikan penyuluhan betapa pentingnya menjaga lingkungan agar tetap asri dan nyaman. Atau bisa juga dengan tindakan nyata, seperti ada hari khusus untuk kerja bakti membersihkan sampah.


Identitas:

FP_ITP_Kelompok 1_Adelia Afifah Anastasia Anissa Anna_Artikel


Nama Anggota Kelompok 1:

Adelia Dwi A. (H0916001)

Affifah R. (H0916002)

Anastasia S. L. (H0916003)

Anissa W. (H0916004)

Anna H. (H0916005)

Menampilkan Video Green Campus UNS

Menampilkan Sticker/ Poster Green Campus UNS