Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

Universitas Sebelas Maret

2016

[H0716072] Josephine Dita Seliana


MEMAJUKAN “GREEN CAMPUS” UNS

UNS merupakan salah satu kampus yang peduli dengan lingkungan. UNS juga sering disebut dengan “kampus hijau” atau “Green Campus”. Apa yang dimaksud “Green Campus” itu? ”Green Campus” adalah kampus yang banyak ditumbuhi pepohonan hijau sehingga membuat suasana kampus menjadi rindang, asri, nyaman, dan sejuk. ”Green Campus juga salah satu pendukung sarana belajar siswa karena menjadikan suasana yang nyaman untuk belajar. Namun, “Green Campus” itu bukan hanya kampusnya saja yang hijau, tetapi juga kampus yang warga kampusnya itu memiliki wawasan lingkungan yang luas. Oleh karena itu, meskipun sudah dikatakan “Green Campus”, UNS masih harus memperbaiki beberapa hal. Salah satunya adalah kesadaran warga kampus terhadap kebersihan kampus. Misalnya, banyaknya kendaraan bermotor yang dibawa oleh warga kampus yang dapat menyebabkan polusi dan sampah-sampah dedaunan yang tidak dibersihkan sehingga menyebabkan kampus menjadi terlihat kotor. Hal ini membuktikan bahwa kesadaran yang dimiliki oleh warga kampus UNS terhadap kebersihan lingkungan masih perlu ditingkatkan.

Sebenarnya pihak kampus sudah berusaha meningkatkan kesadaran warga kampus dengan cara mengadakan berbagai penyuluhan dan sosialisasi, namun informasi yang didapat dari kegiatan penyuluhan dan sosialisasi tersebut terkadang tidak diterapkan oleh warga kampus dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sangat disayangkan karena sebenarnya apabila warga kampus menerapkan ilmu atau informasi tersebut, program “Green Campus” di UNS pasti akan berjalan dengan lebih baik. Selain penyuluhan dan sosialisasi, sebenarnya masih banyak tindakan yang dapat diambil oleh pihak kampus untuk meningkatkan keasadaran warga kampus terhadap lingkungan kampus. Misalnya, untuk mengurangi polusi, pihak kampus dapat membuat kebijakan seperti "kampus tanpa kendaraan bermotor", jadi setiap warga kampus baik mahasiswa, dosen, TU, maupun warga kampus lainnya dilarang membawa kendaraan bermotor di area kampus. Dengan kebijakan tersebut, pihak kampus dapat memberi fasilitas transportasi lain sebagai alternatif, seperti bus kampus, jalur pedestrian, dan sepeda. Dan untuk mengurangi sampah, sebenarnya pihak kampus juga sudah menyediakan banyak tempat sampah yang sudah dibedakan antara sampah organik dan sampah nonorganik, dan juga mengadakan penyuluhan. Tetapi, selain dengan mengadakan penyuluhan, pihak kampus juga bisa mengadakan berbagai kegiatan, misalnya kegiatan "jumsih" (Jum’at Bersih). Jadi, setiap hari Jum’at seluruh warga kampus membersihkan seluruh area kampus sehingga kampus menjadi lebih bersih. Jadi, warga kampus akan lebih peduli akan kebersihan lingkungan kampus. Warga kampus juga akan menyadari bahwa yang harus menjaga kebersihan kampus itu bukan hanya petugas kebersihan saja, tetapi semua warga kampus juga harus ikut berperan dalam menjaga kebersihan kampus.

Sebagai warga kampus yang peduli terhadap lingkungan, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan program "Green Campus" di UNS. Seperti mengambil sampah yang terlihat dan membuangnya ke tempat sampah, tidak peduli sampah itu milik siapa. Jika semua warga kampus melakukan hal itu, pastilah area kampus UNS menjadi lebih bersih dan lebih enak untuk dilihat. Selain itu, untuk mengurangi polusi, warga kampus bisa mengambil alternatif lain yang telah disediakan oleh pihak kampus sebagai alat transportasi, seperti menggunakan bus kampus, sepeda, atau bahkan berjalan. Justru dengan berjalanlah kita dapat menikmati keindahan pepohonan, rasa sejuk, dan rasa nyaman di UNS karena UNS banyak ditumbuhi pohon pohon yang rindang, tanaman tanaman yang berwarna warni, dan banyak pula taman yang dapat dinikmati kesejukkannya. Bahkan, dengan berjalan, warga kampus akan terlihat menjadi lebih bugar, segar, dan sehat.

 

Identitas :

FP_Agroteknologi_Kelompok 15_Josephine.Judith.Kurnia.Lani.Linda_Artikel

 

Nama Anggota Kelompok 6 :

1.     Josephine Dita Seliana

2.     Judith Belinda W

3.     Kurnia Puspitasari

4.     Lani Rahmat Diyanti

5.     Linda Astuti Damayanti

 

Menampilkan Video Green Campus UNS

Menampilkan Sticker/ Poster Green Campus UNS