Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

Universitas Sebelas Maret

2016

[B3216011] AULIYA GAGAH KUSUMA K


FIB_D3 USAHA PERJALANAN WISATA_Kelompok 3_GAGAH.AYU.CANTIKA.DEA.DWI_ARTIKEL



 

GREEN CAMPUS UNS

I.                   PENDAHULUAN

Masalah lingkungan adalah masalah bersama yang membutuhkan sinergi semua elemen masyarakat, termasuk didalamnya adalah civitas akademika. Sebagai kalangan akademisi, pemikiran kedepan tentang masalah lingkungan sangat dinanti oleh masyarakat karena tentunya kualitas lingkungan yang baik akan menopang kehidupan yang baik.

Masalah lingkungan dan upaya pengelolaannya semakin kompleks yang mencakup berbagai aspek yang sangat luas, sementara itu pemahaman manusia terhadap lingkungan hidup masih jauh dari sempurna. Keterbatasan infrastruktur pendukung yang diperlukan dan ketersediaan sumberdaya manusia (SDM) yang handal merupakan factor utama yang perlu diperhatikan dna dikembangkan, masalah keterampilan dan wawasan yang dimiliki oleh pihak yang berkompeten dalam pengelolaan lingkungan bukan alasan bagi pengelolaan lingkungan.

 Hal yang terjadi di lingkungan campus bagi mahasiswa adalah mengotori lingkungan dengan membuang sampah sembarangan.Oleh karena itu, melakukan gerakan nyata untuk memperbaiki kerusakan lingkungan perlu dilakukan gerakan  go green atau penghijauan lingkungan campus.

 

II.                IDE KREATIF    

Di Universitas Sebelas Maret salah satu limbah terbesar yang dihasilkan oleh aktivitas dilingkungan campus adalah limbah organik seperti daun dan kertas dan limbah anorganik seperti plastik pembungkus makanan. Tahun 2014,UNS telah melakukan pemilihan sampah organik dan anorganik dengan menambah jumlah tempat sampah organik dan anorganik di semua fakultas dan disepanjang jalan UNS.

Meskipun dilingkungan campus sudah dilakukannya pemilihan sampah organik maupun anorganik menggunakan tempat sampah yang telah disebar ke semua fakultas yang ada di Universitas Sebelas Maret. Masih banyak mahasiswa maupun warga UNS yang melalaikan hal tersebut. Sehingga tak heran apa bila banyak ditemui sampah yang dengan sengaja dibuang sembarangan maupun sampah yang ditumpuk dan tak terurus di daerah sekitar campus.

Untuk itu  kepedulian mahasiswa maupun warga campus dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah lingkungan yang dianggap sepele ini.

 

III.             ANJURAN

 

Untuk semua keluarga besar UNS kita yang sedang mengembangkan program green campus ini harus sadar betul mengenai pentingnya menjaga lingkungan dengan tetap menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan disekitar kampus tercinta ini,memungut sampah plastik yang ada,tidak membuang sampah sembarangan dan membuangnya tempat pada jenis sampah yang ada. Mengurangi konsumsi kertas dengan cara mengetik 2 muka, mendaur ulang kaleng, kardus dna plastik, menghemat penggunaan air. Menggunakan sesedikit mungkin penggunaan bahan kimia berbahaya dalam melaksanakan kebersihan kampus. Menerapkan pendidikan lingkungan dalam kurikulum kampus, turut mensosialisasikan sadar lingkungan intern dan ekstern kampus.

Peran aktif dari seluruh warga UNS lah yang akan menentukan apakah program green campus ini akan berhasil atau malah sebaliknya.

Menampilkan Video Green Campus UNS

Menampilkan Sticker/ Poster Green Campus UNS