AKSI UNS GREEN CAMPUS 2017

AKSI UNS Green Campus 2017. Dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan program Green Campus di Universitas Sebelas Maret, maka perlu adanya sosialisasi dan berbagai upaya peningkatan peran serta seluruh civitas akademika, termasuk di dalamnya adalah peran serta mahasiswa. Berbagai kegiatan dapat dilakukan oleh mahasiswa sebagai perwujudan implementasi  Green Campus di Universitas Sebelas Maret. Oleh karena itu dalam rangka peningkatan peran serta mahasiswa dalam kegiatan UNS Green Campus, maka akan  diadakan kegiatan Lomba Rencana Aksi UNS Green Campus 2017 yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru angkatan tahun 2017. Tujuan kegiatan Lomba Rencana Aksi UNS Green Campus adalah untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan dan meningkatkan peran serta mahasiswa dalam mendukung kegiatan UNS Green Campus dalam rangka mewujudkan Universitas Sebelas Maret sebagai kampus yang ramah dan berbudaya lingkungan. Peserta lomba adalah seluruh mahasiswa baru angkatan tahun 2017 dari seluruh fakultas, dikoordinir oleh BEM setiap fakultas.

Ramah lingkunganku, Berbudaya UNSku

Ketentuan Umum Lomba Aksi UNS Green Campus:

  1. Tema Aksi UNS Green Campus Program Kenal Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2017: Ramah Lingkunganku, berbudaya UNS-ku
  2. Setiap fakultas mempunyai tema sendiri dengan mengacu pada tema aksi UNS Green Campus PKKMB 2017 (no 1)
  3. Tema tersebut juga harus sesuai dengan 6 pilar UNS Green Campus
  4. Setiap fakultas membuat kelompok-kelompok mahasiswa (maksimal 25 orang) sesuai dengan tema payung fakultas
  5. Fakultas melakukan penilaian internal untuk memilih tiga kelompok yang akan mewakili Fakultas dalam Lomba Rencana Aksi UNS Green Campus tingkat universitas
  6. Tiga pemenang utama akan diberi penghargaan dan ditetapkan sebagai ‘DUTA UNS GREEN CAMPUS’

Aspek UNS Green Campus:

  1. Enam pilar UNS Green Campus adalah: (1) Pengelolaan Tapak dan Infrastruktur lingkungan, (2) Energi dan Perubahan Iklim, (3) Pengelolaan Limbah, (4) Konservasi Air, (5) Transportasi Ramah Lingkungan, (6) Tridarma berkelanjutan
  2. Aksi memilih minimal satu pilar UNS Green Campus tetapi bisa mengkombinasikan beberapa aspek dalam satu tema aksi UNS Green Campus tingkat fakultas
  3. Aksi berupa kegiatan fisik dan/atau perilaku

Kriteria penilaian:

  1. Aktifitas aksi UNS Green Campus yang menghasilkan sebuah output produk/hasil karya kerja tim yang mengacu pada: kesesuaian dengan tema PKKMB 2017, kesesuaian dengan 6 pilar UNS Green Campus, kreatifitas, aplikatif, kebaharuan/originalitas, dan mempunyai manfaat dan berdampak luas terhadap perubahan perilaku ramah lingkungan
  2. Seluruh proses kerja tim yang menghasilkan produk/hasil karya yang mengacu pada ketentuan umum lomba aksi UNS Green Campus (point penjelasan di atas) di upload/dipublikasikan secara online (untuk hasil maksimal untuk menggunakan laptop), dengan langkah sebagai berikut:

Aksi UNS Green Campus I. mahasiswa baru 2017 akan mendapatkan SMS ke nomor HP masing-masing (yang terdaftar pada saat melakukan registrasi) yang dipergunakan untuk ‘aktivasi email student’ di laman https://profil.uns.ac.id/site/student/aktivasi (berfungsi sebagai akun SSO). Contoh isi SMS yang akan diterima “Selamat NIM Anda I0117028 edit No KK & KTP di https://siakad.uns.ac.id/registrasi dgn NIM, lalu aktifkan email @student di profil.uns.ac.id dgn passwd di slip BANK”. Apabila mahasiswa baru 2017 belum mendapatkan SMS tersebut, silahkan cek di daftar berikut:

  1. Daftar nama mahasiswa yang dilantik sebagai mahasiswa baru (Program Diploma)
  2. Daftar nama mahasiswa yang dilantik sebagai mahasiswa baru (Program Sarjana)

Aksi UNS Green Campus II. akun SSO yang telah aktif dipergunakan untuk login ke http://greencampus.uns.ac.id/pkkmb2017.

Aksi UNS Green Campus III selanjutnya adalah: (1) ketua kelompok Aksi UNS Green Campus yang ditunjuk, memilih satu wakil ketua terdiri dari anggota berjumlah maksimal 23 mahasiswa baru (sesuai no. 4 pada ketentuan umum di atas). Ketua kelompok membagi tugas kepada (2) wakil ketua memastikan kewajiban masing-masing untuk kelompoknya (ketua, wakil ketua, dan seluruh anggota kelompok) melakukan upload di menu POHON HARAPAN ‘satu kalimat harapan ramah lingkungan di UNS terkait tema yang diusungnya’, dan memotret proses dan kerja kelompok yang dilakukan pada aksi UNS Green Campus untuk di upload menggunakan akun SSO masing-masing di menu BERSIH & NYAMAN. Seluruh aksi UNS Green Campus 2017 oleh (3) ketua kelompok membuat deskripsi singkat untuk kemudian di upload/dituliskan pada menu PENULISAN ARTIKEL, dengan menuliskan susunan kelompok (ketua, wakil ketua, anggota) dan deskripsinya.

Seluruh kegiatan dalam aksi UNS Green Campus 2017 masing-masing meliputi bobot, sehingga wajib mengacu pada ketentuan, aspek, kriteria penilaian, dan sampai dengan peserta mampu mempublikasikan seluruh proses aksinya (misalnya berupa kegiatan fisik bersih lingkungan kampus, ide kreatif/inovasi/harapan untuk mewujudkan lingkungan yang ramah dan berbudaya, perilaku, dan sebagainya) dalam http://greencampus.uns.ac.id/pkkmb2017.

Hasil aksi UNS Green Campus 2017. apabila seluruh proses publikasi online yang di upload ‘sukses’, maka dapat dilihat tampilannya di:

  1. http://greencampus.uns.ac.id/pkkmb2017
  2. http://greencampus.uns.ac.id/pkkmb2017/home_uns_bersih
  3. http://greencampus.uns.ac.id/pkkmb2017/home_artikel

Sedangkan aktivitas sosialisasi Tim UNS Green Campus kepada mahasiswa baru 2017 dapat dilihat secara online di alamat http://greencampus.uns.ac.id/pkkmb2017/sosialisasi

Time Schedule Lomba Aksi Green Campus

Perhatian

  1. Penyerahan tema Rencana Aksi UNS Green Campus tingkat fakultas ke tim UNS Green Campus tingkat universitas pada 13 Agustus 2017 (maksimal sudah diterima 20 Agustus 2017).
  2. Penyerahan susunan kelompok/nama-nama mahasiswa baru 2017 sebagai peserta lomba aksi UNS Green Campus 2017 pada 14 Agustus 2017 (maksimal sudah diterima 20 Agustus 2017), dan disertakan no HP dan email aktif untuk LO, ketua serta wakil ketua kelompok.

Berbagai upaya untuk mewujudkan ‘ramah lingkunganku – berbudaya UNS-ku’ merupakan komitmen seluruh civitas UNS, yang juga mendapatkan penguatan serta dukungan dari Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS) untuk membangun almamater tercinta.

Di Usia 41 UNS tumbuh berkembang pesat dan memiliki prestasi membanggakan di tingkat nasional dan internasional. Identik dengan makna usia UNS tersebut, Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS) mengucapkan selamat bergabung dan mengajak mahasiswa baru 2017 lewat komitmen bersama dan membubuhkan tanda tangan pada spanduk sepanjang 41 meter, yang bertuliskan “SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU 2017 DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET KAMPUS RAMAH LINGKUNGAN. MARI KITA WUJUDKAN BERSAMA PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN DAN LAKSANAKAN PROGRAM ONE STUDENT FIVE TREES”.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*