2014: Education

Education

Penerapan kondisi Kampus UNS sebagai kampus ramah lingkungan, terkait dengan tiga pilar utama pengembangannya: yaitu green rules, green attitude and green lifestyle, serta green infrastructure.

Pendidikan di UNS kemudian mengoperasikan pada bidang-bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Hal ini ditunjukkan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan pemangku kepentingan secara lembaga dan perorangan. Pendidikan di UNS dalam mewujudkan green attitude and green lifestyle terlihat pada:

  • Jumlah mata kuliah yang saat ini ditawarkan di UNS terkait lingkungan dan keberlanjutannya menunjukkan jumlah yang signifikan. Hampir semua program studi menyelenggarakan mata kuliah tersebut untuk bisa mendukung green attitude dan green lifestyle.
  • Topik-topik penelitian dan pengabdian terkait lingkungan dan keberlanjutannya berpedoman pada isu-isu strategis yang ditetapkan pada Rencana Induk Penelitian Pengabdian (RIP) UNS 2011-2015 antara lain: perubahan iklim dan keanekaragaman hayati, energi baru dan terbarukan, dan ketahanan pangan.
  • Kegiatan ilmiah dan kegiatan non ilmiah yang terkait lingkungan dan keberlanjutannya cukup banyak. Kepedulian dan kesadaran berbagai pihak di lingkungan UNS ditunjukkan antara lain: Komunitas Gerakan Hijau Universitas Sebelas Maret (Grren Movement Community/GMC UNS) yang dibentuk pada bulan Agustus 2010.
  • UNS mengoperasionalkan website yang terkait lingkungan dan keberlanjutannya sejak tahun 2011. Website tersebut bisa jelajahi pada  http://greencampus.uns.ac.id/
  • UNS juga ikut meletakkan dasar-dasar, tata nilai dan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan sejalan dengan kebijakan PBB yang tertuang dalam ”The Decade of Education for Sustainable Development”, yang terlihat antara lain melalui komponen “EDUCATION” berikut ini:

 ..:: English Version ::..

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*